Liverpool bakal menjalani laga hidup dan mati ketika menjamu Middlesbrough di Anfield Stadium pada akhir pekan ini. Pertandingan pamungkas Liga Primer Inggris musim ini memang tidak akan berarti apa-apa bagi tim tamu. Tetapi berbeda bagi The Reds yang berambisi untuk kembali tampil di kancah Liga Champions pada musim depan.

Liverpool vs Middlesbrough
Liverpool akan menghadapi Middlesbrough pada partai pamungkas Liga Primer Inggris musim ini

Jelang laga penutup musim itu, tim arahan Jurgen Klopp masih menempati posisi keempat pada tabel klasemen sementara EPL. Adapun peringkat empat itu dapat dikatakan belum aman. Pasalnya, Arsenal yang tepat berada satu tingkat dibawahnya hanya berjarak satu poin. Terlebih, tim berjuluk The Gunners itu tengah berada dalam tren positif, berhasil meraih empat kemenangan pada empat laga terakhir.

Tekanan tentu berada di pundak Liverpool, lantaran sudah tidak mampu bersaing di posisi empat besar dalam tiga musim terakhir. Yang secara otomatis membuat mereka absen di kompetisi antarklub tertinggi di Eropa.

Dari kubu tim tuan rumah, pemain andalan mereka di lini depan Roberto Firmino masih belum berada dalam kondisi prima. Kemungkinan Daniel Sturridge akan menggantikan perannya di lini serang. Penyerang Internasional Inggris itu sukses menunjukkan kehebatannya pada pertandingan melawan West Ham United pada pekan lalu. Ia berhasil menjadi pencetak gol pembuka pada kemenangan 4-0 di London Stadium. Kemungkinan, lini depan The Reds akan diperankan oleh Divorick Origi, Sturridge dan Philippe Coutinho.

Sementara dari kubu tim tamu, The Boro telah dipastikan akan berkancah di Divisi Championship pada musim depan. Dan hanya berhasil meraih empat poin dari lima pertandingan terakhir. Catatan buruk itu tentu akan dimanfaatkan oleh Liverpool. Akan tetapi, Middlesbrough tidak ingin menutup musim dengan kekalahan. Klub asal North Yorkshire itu akan berusaha untuk membawa pulang poin.

Jurgen Klopp: Laga Ini Bukanlah Final

Banyak kalangan yang menilai bahwa laga melawan Middlesbrough layaknya pertandingan final. Tetapi berbeda dengan pendapat sang manajer Liverpool Jurgen Kloop. Sang pelatih justru lebih mendinginkan suasana, supaya para pemainnya tidak merasa terbebani.

Jurgen Klopp
Jurgen Klopp memandang laga melawan Middlesbrough seperti laga sepakbola pada umumnya

“Kami menilai bahwa laga ini tidak butuh deskripsi yang berbeda. Seperti laga ini adalah Final Piala Dunia atau Final Piala atau pun laga yang amat penting untuk kedepannya dan ungkapan lainnya.”

“Ini adalah laga sepakbola pada umumnya. Apabila kami benar-benar menuntut diri kami pada setiap pertandingan untuk meraih kemenangan. Lantas apa bedanya? Kami akan terus memiliki tekanan seperti ini. Karena itulah yang kami harapkan untuk keluar sebagai pemenang di setiap pertandingan. Tentu, kami harus melakukan hal terbaik.”

“Kami harus menjaga pertahanan dengan baik, begitu juga untuk menciptakan peluang dan mencetak gol. Jadi, kami menilai bahwa tidak ada bedanya dan saya berpikiran bahwa tidak setiap orang membutuhkan motivasi seperti ini. Pada kenyataannya, bahwa kami harus bermain sepakbola sebaik mungkin dan saya sangat bahagia memiliki tim ini,” ujar mantan Borussia Dortmund.

Steve Agnew: Mari Tutup Akhir Musim Depan Kemenangan

Pelatih Middlesbrough Steve Agnew menyatakan bahwa ambisi bertandang ke Anfield Stadium melawan Liverpool akhir pekan ini adalah meraih kemenangan. Dengan demikian, mengakhiri musim ini dengan indah.

Steve Agnew
Steve Agnew berambisi menutup musim dengan kemenangan

“Kami memang sudah dipastikan akan terdegradasi. Tetapi, kami ingin menutup musim ini dengan kemenangan. Kami tahu, bahwa lawan yang kami hadapi tengah berusaha untuk meraih tiket ajang Eropa pada musim depan. Namun, kami akan berusaha keras untuk mengakhiri petualangan musim ini dengan indah,” ujar Agnew.