Manchester United akan melakoni laga tandang terakhir mereka di kancah Liga Primer Inggris melawan Southampton di St. Mary’s Stadium dalam lanjutan matchday ke 37 hari Kamis (17/05) dinihari nanti. Setelah dalam dua laga tandang terakhir menelan kekalahan di kancah EPL, United siap untuk mengakhiri tren negatif tersebut.

Southampton vs Manchester United
Manchester United siap akhiri tren tandang negatif mereka, ketika menghadapi Southampton

The Reds Devil masih tertahan di urutan keenam dengan mengoleksi 65 angka. Terpaut tujuh poin dari Arsenal yang berada di zona Eropa dan berselisih delapan poin dari Liverpool yang menduduki urutan akhir zona Liga Champions.

Secara sistematis, tim arahan Jose Mourinho dapat dipastikan tidak akan tampil di kompetisi eropa, baik Europa League maupun Champions League. Akan tetapi, Setan Merah memiliki peluang besar untuk melakukan comeback di kancah Liga Champions, setelah dua musim terakhir harus absen.

Pasalnya, Zlatan Ibrahimovic CS mampu melangkah hingga ke partai final Liga Europa dan akan melawan Ajax. Apabila keluar sebagai juara, maka secara otomatis MU akan menjadi bagian dalam kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa pada musim depan.

Sementara dari kubu tuan rumah, The Saints sukses mengakhiri tren negatif pada pekan lalu. Setelah mereka mampu mengalahkan tim tuan rumah Middlesbrough di Riverside Stadium lewat skor tipis 1-2.

Namun, kemenangan itu tidak merubah posisinya di tangga klasemen. Saat ini, tim arahan Claude Puel masih berada di papan tengah, tepatnya di peringkat ke 8 dengan koleksi 45 angka. Perolehan poin tersebut menyamai dengan raihan West Bromwich Albion dan Bournemouth yang berada dibawahnya.

Jose Mourinho: Kami Tetap Rotasi Pemain

Pelatih Manchester United Jose Mourinho menegaskan bahwa saat ini timnya hanya fokus untuk menatap final Liga Europa melawan Ajax yang berlangsung pada tanggal 27 Mei 2017 nanti. United berambisi untuk menjadi juara di kompetisi antarklub di Eropa kasta kedua itu, demi meraih tiket Liga Champions pada musim depan.

Jose Mourinho
Jose Mourinho tetap rotasi pemain jelang laga melawan Southamtpon, Kamis dinihari WIB nanti

Sehingga, Mourinho akan tetap merotasi para pemainnya saat melawan Southampton pada hari Kamis dinihari WIB nanti. Supaya para pemain inti tidak mengalami cedera atau memiliki masalah kebugaran pada laga final nanti.

“Ya, kami akan tetap melakukan rotasi pemain. Hal itu juga telah kami lakukan ketika melawan City pada laga Derby Manchester lalu. Dan terus berlanjut pada saat menghadapi Swansea City serta terakhir bertandang ke Arsenal. Tentu, rotasi tetap akan kami lakukan pada dua pertandingan terakhir, yakni melawan Southampton dan pada partai pamungkas lawan Crystal Palace,”

“Disaat orang-orang menilai bahwa kami melakukan judi demi Liga Europa. Ini sejatinya bukanlah judi, lantaran tidak ada satu orang pun yang dapat memainkan dua kompetisi dengan hanya memiliki 15 pemain dan inilah yang saat ini kami miliki. Kami tegaskan, bahwa kami tidak melakukan judi, tetap mencoba menilik sebuah opsi. Jadi, saya merasa bahagia dengan situasi hari ini,” ungkap mantan pelatih Chelsea.

Chris Smalling Serius Tatap Laga Melawan Southampton

Fullback Manchester United Chris Smalling menilai bahwa laga melawan Southampton tetap harus ditatap dengan serius. Ia juga mengingatkan kepada rekan-rekannya bahwa The Saints merupakan tim yang wajib untuk diwaspadai.

Chris Smalling
Chris Smalling waspadai permainan Southampton

“Mereka (Southampton) adalah tim yang pada beberapa tahun terakhir ini mampu tampil dengan konsisten, baik laga kandang maupun tandang. Terlepas dari pergantian pemain ataupun pelatih yang mereka lakukan, tetapi mereka mampu tampil solid,”

“Kita mengetahui bahwa laga ini bukanlah laga yang mudah. Akan tetapi, kami sadar bahwa penampilan tandang kami sangat baik. Dan jangan lupakan, bahwa kami memiliki catatan yang baik disana,” ujar Smalling.